Jumat, 08 Mei 2015

MIMPI NAIK KENDARAAN ATAU MELIHAT ULAR

6 Mei 2015
Aku bermimpi di jalan raya. Banyak bus dan truk berhenti. Aku diminta segera naik oleh kondektur bus. Aku duduk sambil membawa ban truk besar  di dalam bus. Bus menuju Surabaya. Aku sudah lupa daerah Surabaya. Sopir bus mengetahui ban truk itu milik perusahaan truk dari tulisan yang ada di ban. Aku diajak sopir ke warung makan lontong bungkus. Ada pengemis datang lalu kuberi krupuk.

Makna Mimpi:

Temanku datang ke rumah. Ia mengajakku untuk ziarah ke makam Sunan Pandanaran. Aku menyetujuinya. Kebetulan beberapa waktu lalu aku mempunyai rencana ziarah ke sana. Temanku memberitahu jika ingin mengunjungi sebuah masjid di sana. Aku berkata, jika aku ke masjid itu tanpa ke ziarah ke makam maka seperti bertamu hanya di halaman rumah tetapi tidak masuk rumah. Aku suka mengunjungi ke kuburan, selain untuk mengingat tentang mati juga untuk mendoakan orang yang sudah mati. Sampai di sana naik motor roda dua. Aku lupa jalan masuk ke parkiran biasanya. Aku harus  berputar lebih jauh sebelum menemukan lokasi. Setelah membeli karcis lalu kami naik ke atas. Kami membeli dua buku sejarah tentang Sunan Pandanaran. Kami shalat di masjid di sekitar makam lalu berdoa sebentar. Setelah itu baru ziarah ke makam. Selesai kami turun. Sampai di bawah lagi kami membeli bakso dan es teh. Kami duduk di lantai pendopo sambil menunggu bakso disajikan. Aku melihat sisa kerupuk putih kotor yang tidak dimakan. Krupuk itu berada di atas tikar di atas lantai. Lalu datang seorang laki-laki pembeli bakso. Ia duduk di sebelah kananku untuk berbagi chaos dan kecap. Aku menyapanya orang itu sedikit. Aku mengabaikannya karena aku lagi sibuk dengan temanku. Waktu pulang aku melihat beberapa bus yang sedang diparkir di terminal terdekat.

*****
Mimpi naik motor, mobil atau kendaraan orang lain (membonceng) berarti mengikuti pendapat orang lain. Sopir dalam mimpi berarti penggagas ide.

9 Mei 2015

Aku bermimpi berbicara dengan seseorang. Lalu seorang salesman datang menjual kacamata. Ia memegang sampel kacamata yang dijualnya.  Aku melihat truk besar yang memuat barang dagangannya. Aku sebenarnya tidak ingin menanggapinya. Tetapi ia seorang yang lucu dan menarik. Salesman itu bercerita lucu sebelum menawarkan kacamatanya.

Makna mimpi:

Aku berjalan ke warnet pagi ini dengan jalan kaki. Aku melihat orang tua tetanggaku  yang selalu kuhormati jika bertemu. Aku menyapanya lebih dulu. Lalu tiba-tiba tetanggaku yang masih muda menyapaku. Ia menyarankanku agar naik sepeda motor daripada jalan kaki. Tetapi aku menjawabnya jika kita sudah pernah naik sepeda, naik sepeda motor, naik kapal, naik pesawat maka kadang jalan kaki itu ada baiknya.

*****Salesman dalam mimpiku berarti tetangga yang menyarankanku (menjual idenya) untuk berjalan kaki.
*****Dalam beberapa bulan ini memang aku sengaja berjalan kaki daripada naik motor untuk urusan yang dekat. Alasannya selain irit bahan bakar yang jumlahnya terbatas. Aku menemukan banyak gagasan ketika berjalan lambat (jalan kaki).

9 Mei 2015

Aku bermimpi memegang kepala ular berwarna hitam dengan tangan kiriku. Ular itu mempunyai dua taring yang lurus ke depan sampai keluar dari mulutnya. Beberapa kali kupijit agar ular itu tidak menggigitku. Aku melihat Ular itu senang dari cara bernafasnya. Bola matanya sebelah kanan bergerak-gerak. Lalu di bagian tubuhnya ada Display LCD yang tertulis sesuatu, tetapi aku tidak bisa membaca. Kepala Ular itu kulepaskan, lalu ular itu berada menjauh di depanku.

Makna Mimpi:

Waktu aku bangun pagi, aku teringat tentang ayat suci Al Qur’an tentang orang yang diberi hidayah Islam oleh Allah maka akan dibukakan hatinya, tetapi bagi yang disesatkan oleh Allah maka dadanya menjadi sempit. Lalu aku bermaksud menuliskan ayat itu dalam blog. Aku mencatatnya sementara dari dalam handphone dari buku yang kulihat- Islam Is The Way of Life. Aku melihat (QS. Al An’am 6: 125-126) ternyata ada dua ayat yaitu  :
Barangsiapa yang dikehendaki Allah akan mendapat hidayah (petunjuk), Dia akan membukakan dadanya untuk menerima Islam. Dan barangsiapa dikehendaki-Nya menjadi sesat, Dia jadikan dadanya sempit dan sesak, seakan-akan  dia sedang mendaki ke langit.
Demikianlah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman. Dan inilah jalan Tuhanmu yang lurus. Kami telah menjelaskan ayat-ayat (Kami)  kepada orang-orang yang menerima peringatan.

Aku bermaksud menempatkan kedua ayat itu sebagai Header (Kepala) dari Ayat-Ayat Pilihan.

Selain itu aku juga berpikir/berencana mengunjungi kerabatku di tempat yang jauh hari itu. Tetapi aku sedikit kawatir mengenai batas-batas tentang etika Islam dalam urusan dengan wanita. Aku harus berhati-hati saat berada di sana.

Saat di warnet aku melihat seorang wanita muda yang memakai komputer di depanku. Sesekali aku melihatnya yang lumayan cantik. Ia memakai jilbab hitam. Waktu aku menulis tentang mimpi ini wanita itu pergi (sudah selesai).

Dua hari kemudian di pagi hari aku berdiskusi dengan keras dengan seorang wanita. Ia adalah kerabatku yang lebih tua dariku dan sangat kuhormati. Sebelumnya memang ada banyak masalah. Tetapi karena sedikitnya pertemuan, dan minimnya informasi maka terjadi kesalahpahman. Aku selalu kawatir akan terjadi perdebatan sengit jika bicara dengannya. Saat itu aku mencoba untuk menahan diri agar tidak marah atau wanita itu marah. Aku tidak pernah memandang wajahnya secara langsung. Tetapi menjadi kebiasaan, tiap aku bertemu wanita itu selalu begitu. Dia seorang yang pintar, cerdas dan kuat berhujah. Beberapa lama aku sering menghindari bicara agar tidak terjadi perdebatan. Tetapi kadang tidak pilihan lain, kami harus bertemu dan membahas masalah bersama.

17 Mei 2015

Aku bermimpi di atas dipan tempat tidurku yang ada selambunya. Ada ular panjang yang berwarna kuning keemasan. Ular itu bergerak-gerak seperti mau masuk dan mengikuti di dalam selambu. Aku kawatir ular itu menggigitku. Aku berusaha untuk menghindar.

Makna:

Waktu aku berjalan bertemu wanita muda tetanggaku di jalan. Ia mengendarai motor dan berhenti sebentar. Kami bicara sebentar. Sebagai tetangga kami jarang bertemu dan bicara. Tapi aku takut dan kawatir kalau melanggar batas-batas norma agama. Aku tidak memandangnya secara serius. Wanita itu sudah punya suami dan anak kecil.

Mimpi berada di atas tempat tidur dalam mimpi berarti berbicara dalam keadaan santai.
Mimpi selambu/kelambu/pagar berarti ada pembatas atau penghalang
*****

Dalam kesempatan lain aku pernah bermimpi melihat ular. Jika ularnya berwarna baik, maka ia wanita yang baik. Jika kepalanya berwarna putih, maka wanita itu berkerudung putih. Jika ularnya terlihat ganas, maka wanita itu tipe orang yang agresif.
Tetapi dalam pikiranku ular itu juga berarti informasi. Dari ilmu teknik elektro telekomunikasi, bahwa informasi itu dikirim berdasarkan urutan rangkaian yang panjang seperti ular atau rangkaian kereta api. Paling tidak ada tiga bagian yaitu kepala (header informasi/lokomotif), tubuh (load/kereta penumpang) dan ekor (informasi penutup).

Jadi makna mimpi tentang ular yang paling benar aku tidak tahu, tetapi aku menganggap keduanya ada benarnya.

Memegang sesuatu dengan tangan kiri dengan santai berarti melakukan sesuatu pekerjaan sambilan, atau tidak serius.